Sabtu, 02 Juni 2012

Sistem Pengajian di PonPes Babussalam


Pendidikan ini dilakukan sebagaimana yang dilakukan oleh Pesantren pada  umumnya, yaitu dengan cara sistem pengajian Wethonan dan Sorogan. Sistem Wethonan ( Halaqoh ) ialah para siswa mengikuti pelajaran secara kuliah, dan menyimak kitabnya masing-masing serta membuat cacatan pada kitabnya. Istilah Weton berasal dari Waktu, yang berarti waktu pengkajian dilaksanakan dengan waktu tertentu, yaitu biasanya sebelum dan sesudah sholat lima waktu. Adapun sistem sorogon adalah bahwa didalam sistem ini seorang santri dibimbing oleh Kyai atau ustad secara Individual dengan tujuan untuk mematangkan pengertian dan pengetahuan sebuah kitab tertentu.
Adapun pengajian yang diajarkan pada Pondok Pesantren Babussalam Banjarejo Pagelaran Malang Sebagai mana lazimnya Pesantren lain, di Pesantren Babussalam Banjarejo tetap mempertahankan sistem pendidikan salaf/Tradisional sebagai mana telah diuraikan diatas. Dalam hal ini ada beberapa alasan yang mendasari ditetapkannya sistem klasikal dan non klasikal, yaitu :
1.      Untuk mempertahankan dan melestarikan pendidikan Diniyah yang menjadi cirikhas Pesantren.
2.      Dengan adanya Madrasah Diniyah klasikal maka di harapkan para santri mempunyai dasar pengetahuan agama yang lebih luas wawasan serta pengetahuan agamanya.
3.      Untuk menunjang Pendidikkan agama terutama bagi santri yang ingin melanjutkan Pendidikan disekolah umum maka pesantren menyediakan antara lain : Play Grup, TK, , MI, MTs, SMP, SMA dan SMK serta Pendidikan Penyetaraan Wajar Dikdas ULA, Wustho dan Paket A,B,C. Sebab pada dasarnya dilembaga Formal materi agama sangat minim sekali dan harus sesuai dengan Kurikulum yang berlaku.
4.      Dengan Sistem klasikal dapat diketahui sejauh mana kemampuan santri dalam memahami Kitab-Kitab islam Klasik yang diajarkan dipondok Pesantren Babussalam Banjarejo Pagelaran Malang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
SELAMAT DATANG DI WEBSITE PONDOK PESANTREN BABUSSALAM. SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR SOBAT UNTUK MENINGKATKAN WEBSITE PONDOK PESANTREN BABUSSALAM TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA