Sabtu, 02 Juni 2012

Biografi KH. Darwis Sa'id


Lahir di malang pada tanggal 22 februari 1947 m beliau adalah putra pertama KH. Moh. Sa’id dengan Ny. Hj. Sofiyah.
Sejak kecil beliau dididik oleh ayahnya sendiri tentang dasar-dasar ilmu pengetahuan agama islam sampai remaja kemudian beliau mondok dipesantren Darul Ulum Jombang Jawa timur Murid KH. Mustain Romli dan sekaligus kuliah disana sampai mempunyai gelar sarmud (sarjana muda) dan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) yang sebagian gajinya di kirimkan ke rumah untuk membayar guru yang mengajar di Madrasah.
Akhirnya pada tahun 1977 beliau disuruh pulang oleh ayahnya dari jombang untuk mengembangkan pendidikan di Banjarejo Pagelaran Malang sambil melepas status pegawai negerinya. sepeninggal ayahnya lambat laun Babussalam semakin berkembang, ada beberapa catatan tentang perkembangan perjuangan beliau antara lain : tahun 1977 mendirikan MI (Madrasah Ibtidaiyyah), tahun 1978 mendirikan MTs (Madrasah Tsanawiyah), tahun 1981 mendirikan SMP, tahun 1982 didirikan  Madrasah Aliyah, tahun 1984 peresmian MA menjadi filial MAN Malang, tahun 1985 didirikan  koperasi pondok pesantren KOPONTREN, tahun 1987 didirikan madrasah Ibtida’iyah, Tsanawiyah dan Aliyah Diniyah. Tahun 1988 didirikan sekolah SMA Babussalam, dan sebelum beliau wafat tahun 2005 mendirikan SMK Babussalam cabang dari SMKN 1 Singosari Malang.
Itu semua berkat kegigihan serta keuletan beliau untuk mengembangkan dan memajukan pondok pesantren Babussalam dan akhirnya pada hari ahad, tanggal 7 Juli 2006 pukul 13.00 WIB beliau wafat di rumah sakit Lavalet Malang akibat sakit struke yang ke tiga kalinya. Kemudian untuk  keberlangsungan perjuangan , pondok pesantren Babussalam diteruskan oleh kedua putranya yaitu H. Al-Iskandar Darwis dan H. Thoriq Darwis. Dari kedua putra beliau serta dibantu oleh para menantunya H. Saiful Bahri Romli serta Agus Abdul Latif Khozin yang disertai bimbingan dari Ny. Hj. Masykuroh Darwis Pondok Pesantren Babussalam masih tetap eksis bahkan semakin berkembang pesat semuanya adalah fadhol dan kebesaran dari Allah SWT. Keturunan KH. Darwis Sa’id mulai dari putra-putrinya serta para menantu dan cucunya berjuang bersama-sama untuk melanjutkan perjuangan para leluhurnya hidup rukun untuk menegakkan agama Allah.

1 komentar:

Pondok Pesantren Babussalam mengatakan...

Lanjutkan untuk Biografi masyayikh ponpes babussalam

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
SELAMAT DATANG DI WEBSITE PONDOK PESANTREN BABUSSALAM. SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR SOBAT UNTUK MENINGKATKAN WEBSITE PONDOK PESANTREN BABUSSALAM TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA